[NEWS] Pameran Seni Media Instalasi Korea-Indonesia “Dialogue with the Senses” Segera Hadir!

Pameran Seni Media Instalasi Korea-Indonesia pertama kali diadakan pada tahun 2013 sebagai perayaan 40 tahun hubungan diplomatik antara Korea dan Indonesia. Sebagai program pertukaran budaya tahunan melalui seni media baru dan instalasi, tahun ini merupakan kali ke-4, dengan memperkenalkan seni kontemporer terbaru dari para seniman muda dan berbakat dari kedua negara.

Bertajuk 'Dialogue with the Senses’ (Dialog dengan Pancaindra), program tahunan ini bertujuan mengeksplorasi 'pengalaman sensorik' dan signifikasinya dalam perjalanan hidup kita. Sepanjang sejarah, 'Indra' fisik telah didevaluasi oleh 'alasan' abstrak, meskipun fakta menyatakan bahwa indra adalah langkah pertama yang memungkinkan kita untuk terhubung dengan dunia luar. Pameran ini juga mempertanyakan supremasi yang selama ini diberikan kepada 'penglihat' dalam mengapresiasi seni, dan mengembalikan kedudukan indra fisik lainnya seperti pendengar, pencium, perasa dan peraba sebagai dasar nalar yang sama pentingnya.

Pameran ini menampilkan 9 seniman dari Korea dan Indonesia. Seniman Indonesia, Elia Nurvista, memamerkan penafsiran ulangnya atas sejarah kolonial yang terkait dengan 'gula' ke dalam bentuk instalasi patung. Manis dan juga pahit, karyanya dapat dikecap oleh pengunjung, sebagai satu langkah untuk mengenal sejarah yang tidak mereka ketahui. Seniman Korea, Park Seung Soon menghadirkan seni media bagi para pengunjung untuk bermain berbagai instrumen tradisional Indonesia melalui interaksi dengan air dalam mangkuk kaca.

Pameran ini diadakan di Galeria Fatahillah, Kota Tua, Jakarta pada tanggal 21 Oktober hingga 3 November, pameran ini akan menyuguhkan ragam seni dua negara yang menggabungkan teknologi mutakhir. Selain itu, pameran ini juga akan menjadi kesempatan baik untuk mempertimbangkan kembali peran penting 'indra' dalam mengalami dan mengenang budaya Korea dan Indonesia.

Untuk jadwal dan informasi lebih lanjut, silakan cek www.arcolabs.org

Tempat
Galeria Fatahillah
Jalan Fatahillah No. 3
Kota Tua, Jakarta
Pembukaan : Jumat, 21 Oktober 2016 / 19.00 - 22.00 WIB
Pameran : 22 Oktober - 3 November 2016
Jam operasional pameran : 09.00 - 19.00 WIB
* Pameran ini tidak memungut biaya dan terbuka untuk umum setiap hari
Tur Pameran
29 Oktober 2016 / 11.00 - 12.00 WIB
30 Oktober 2016 / 11.00 - 12.00 WIB

(Minam)

Subscribe to receive free email updates: